Ads 468x60px

Subscribe:

Labels

Senin, 13 Februari 2012

Cara Menulis Artikel di Media Massa

Untuk menulis artikel di Media Massa atau koran-koran baik cetak maupun online sebenarnya bisa dikatakan susah-susah gampang. Mengapa gini? Bagi yang sudah terbiasa menulis ya mudah tapi bagi yang pemula mungkin butuh sedikit perjuangan dan kesabaran.

Berdasarkan pengalaman ne,, saya waktu masih semester 1 (awal masuk kuliah) punya ambisi kuat untuk menulis di koran, setiap hari atau mungkin minimal seminggu 2 kali pasti menulis dan dikirim di media, waktu itu media yang saya tuju adalah harian Surya Jawa Timur, kebetulan di sana ada rubrik "Warteg" yang menyediakan bagi masyarakat untuk menulis.
Tulisan yang dimuat di sana pun sangat sederhana tidak seberat artikel opini, jumlah karakter tulisannya pun cuma 2500 karakter (no space).

Saya telah menulis berkali-kali sejak bulan Agustusan 2007 insyaAllah, akan tetapi baru pertama kali di muat pada bulan januari 2008. Betapa senengnya saat pertama kali tulisan saya nampang di koran disertai dengan gambar foto...hmmm.. saat itulah aku mulai terus bangkit dan menulis di media, dan alhamdulillah sudah berkali-kali dimuat di media, baik nasional maupun lokal. (blog kumpulan tulisanku walaupun gak lengkap, klik)

Okey langsung aja deh....ke cara menulis artikel di media.
1. Pertama-tama tentu kita harus punya artikel terlebih dahulu
2. Sebelum kita mengirimkan artikel ke koran perlu kita eksplorasi terlebih dahulu mana koran yang sesuai dengan karakter tulisan saya. Karena setiap koran mempunyai karakteristik dan kekhasan tersendiri, maka kenali dulu korannya.
3. Kirim artikel dengan melampirkan filenya di attachment di email anda.
4. Kasih pengantar yang berisikan salam pembuka dan biodata singkat anda di kotak teks email. bisa dilihat contohnya di sini.
5. Setelah selesai langsung kirim aja sesuai dengan tujuan yang Anda tuju. Ini daftar alamat email media yang mungkin bisa dipake. Selamat mencoba.....!!!!!!

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar