Ads 468x60px

Subscribe:

Labels

Kamis, 16 Februari 2012

Dinas Pendidikan Beri Rekomendasi ke Penerbit

Sumber: kompas.com
 
JAKARTA, KOMPAS.com -- Dukungan Dinas Pendidikan Kota Bandung, Jawa Barat, yang merekomendasikan penerbit bisa menawarkan produk simulasi ujian nasional (UN) SMA dan SMK di Kota Bandung mendapat protes keras. Hal ini menjadi bukti bahwa penyelenggaran UN menjadi ajang bisnis bagi penerbit dan dinas pendidikan.
Aktivis Pendidikan Kota Bandung Iwan Hermawan mengemukakan, rekomendasi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Oji Mahroji kepada penerbit buku ternama untuk menawarkan produk simulasi UN SMA dan SMK diketahui ketika petugas dari penerbit datang ke sekolah. Untuk satu paket simulasi UN per mata pelajaran dijual Rp 17.000.
"Kebijakan yang aneh. Masa kepala dinas memberi rekomendasi penerbit untuk berjualan di sekolah. Ini bertentangan dengan Peraturan Mendikbud yang melarang penjualan buku di sekolah. Apalagi dengan terang-terangan merekomendasikan penerbit tertentu," tutur Iwan, yang juga Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia (FGII).
Menurut Iwan, sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung mengeluarkan surat soal pelarangan sekolah memaksa siswa membeli lembar kerja siswa (LKS) maupun seragam sekolah. "Tapi kok tidak lama ada surat rekomendasi penerbit buku tertentu bisa menawarkan produk simulasi UN untuk kepentingan try out," kata Iwan.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar